"Your Wishes is My Command"

Oke langsung saja dari pada banyak bicara (inget si dia) “Silent is gold”.  Posting kali ini saya coba menuliskan Cara untuk membersihkan throttle body pada mesin Toyota 7K-E. Tetapi sebelum anda mencoba, pastikan semua alat dan bahan sudah lengkap agar dapat fokus pada satu hal, dan jangan meremehkan setiap kemungkinan terkecil yg akan terjadi… Sebelum kita mulai membongkar tentunya kita harus mengetahui komponen – komponen yang terdapat pada throttle body.

Pada throttle body terdapat beberapa bebrapa sensor, diantaranya:

ISCV (Idle Speed Control Valve) berfungsi untuk mengatur idle dari mesin.

TPS (Thortlle Posititon Sensor) berfungsi sebagai sensor posisi katup throttle.

Berikut ini adalah efek yang ditimbulkan apabila throttle body kotor (berdasarkan pengalaman pribadi) : Rpm tidak stabil (cenderung rendah) dan tarikan kalo orang Jawa bilang kurang kruas – krues.

Alat : Kain, Kunci Pas 12, Kunci Ring 12, Kunci Shock 12 & ekstension, Tang, Obeng (+ & -), Kuas, Sikat gigi bekas, ST* Carb Cleaner dan bensin.. langsung saja, ini penampakannya.

Spare Part yang wajib diganti : Pack alumunium throttle body dan Pack ISCV (idle speed control valve)

Sebelum membongkar TB ada baiknya jika terminal negatif aki dilepas terlebih dahulu. Sebagai langakah antisipasi gan, kan nih mesin sudah pakai ECU.. hehe

gambar yang diberi lingkaran oranye adalah throttle body

gambar yang diberi lingkaran oranye adalah throttle body

1. Lepaskan sambungan dari Filter Udara hingga seperti gambar dibawah ini :

seperti inilah saat Filter Udara dilepas

seperti inilah saat Filter Udara dilepas

2. Lepaskan semua sambungan kabel gas, kabel sensor dan selang vakum serta lepas baut pada throttle body jumlah baut ada 3 (tiap mesin beda).

Lepas baut pada tanda yang dilingkari oranye, Selang vakum lingkaran hijau dan Socket sensor warna biru

Lepas baut pada tanda yang dilingkari oranye, Selang vakum lingkaran hijau dan Socket sensor warna biru

3. Setelah semua terlepas maka akan terlihat seperti gambar ini:

Setelah Tb terlepas terlihatlah Manifoldnya

Setelah Tb terlepas terlihatlah Manifoldnya (diantara Tb dan Manifold terdapat Pack alumunium)

4. Selanjutnya lihat throttle body yang telah terlepas, lepaskan semua sensor (TPS disusul dengan ISCV) dengan obeng seperti dibawah ini:

lepaskan 2 baut TPS yang dilingkari garis oranye

lepaskan 2 baut TPS yang dilingkari garis oranye

Lepaskan 2 baut pada Iscv selanjutnya balik Tb dan akan terlihat 4 baut, lepas

Lepaskan 2 baut pada Iscv selanjutnya balik Tb dan akan terlihat 4 baut, lepas

Seperti inilah saat ISCV telepas dari Tb

Seperti inilah saat ISCV telepas dari Tb jangan lupa mengganti packing iscv (seal hitam)

4. Selanjutnya bersihkan semua komponen TB dengan bensin dahulu, serta bilas dengan ST* Carb Cleaner dan bersihkan sensor TPS serta ISCV dengan hati – hati, nih gan pict nya TB setelah bersih

Socket ISCV juga dibersihkan

Socket ISCV juga dibersihkan

ISCV dengna nomor Spare partnya

ISCV dengna nomor Spare partnya

Throttle Body tampak depan, sudah bersih dan cling

Throttle Body tampak depan, sudah bersih dan cling

Throttle Body tampak belakang

Throttle Body tampak belakang

5. Jangan lupa memberi sedikti pelumas pada katup Tb serta pada Pegas luar tempat kabel gas.

6. Pasang dengan urutan sesuai pelepasan TB, jangan lupa Packing alumunium (bautnya 3)

Setelah bersih pasang kembali TB ke Manifold, jangan lupa Packingnya

Setelah bersih pasang kembali TB ke Manifold, jangan lupa Packingnya

7. Setelah terpasang dengan baik, setting ISCV dengan cara mengendurkan sedikit 2 baut, lalu geser kekanan dan kekiri (kekiri idle rendah – kekanan idle tinggi)

Ini tampak depan setelah itu Setting ISCV dengan cara menggeser ke kiri atau kanan

Ini tampak depan setelah itu Setting ISCV dengan cara menggeser ke kiri atau kanan

8. Setelah selesai Pasang kembali Kabel gas, Selang vakum beserta socket sensor dan Pasang kembali Filter Udara sehingga tampak Seperti ini

Pemasangan telah selesai, Inspeksi lagi selang vakum, baut dan Socket

Pemasangan telah selesai, Inspeksi lagi selang vakum, baut dan Socket

9. Cek kembali semua Kabel, socket sensor dan selang vakum, setelah selesai dan yakin semua terpasiang denga benar nyalakan mesin. Nggak mau nyala mesinnya ? kan terminal negatif aki dilepas, pasang dulu gan.. hhehe

Sekarang biarkan mesin idle, dan rasakan perubahannya. Kalo dirasa idle terlalu tinggi maka setting lagi ISCV seperti langkah no. 7.  coba tekan pedal gas dengan perlahan, rasakan perbedaannya dengan saat TB kotor… Tarikan lebih ringan, dan mesin bisa meraung – raung seperti macan yg sudah dikasih makan.. heheh

- do it yourself and at your own risk -

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 116 other followers

%d bloggers like this: